Arah dan fokus CSR

ARAH DAN FOKUS PROGRAM CSR BANK DKI

Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility)merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam pengelolaan sebuah perusahaan. Tak terkecuali, Bank DKI sebagai bagian dari dunia usaha industri perbankan yang beroperasi di wilayah kota Jakarta dan sekitarnya. Penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR) khususnya yang menyentuh langsung kepada masyarakat, selain memberikan manfaat kepada sesama, tentunya diharapkan juga akan meningkatkan nilai tambah dari Bank DKI dimata masyarakat.

Arah dan fokus program CSR Bank DKI, adalah sebagai berikut :

  • PENDIDIKAN DAN DUNIA PENDIDIKAN
  • EDUKASI PERBANKAN
  • SOSIAL KEMASYARAKATAN
  • LINGKUNGAN HIDUP
  • KESENIAN DAN KEBUDAYAAN

Penerapan program tanggung jawab sosial yang diemban Bank DKI senantiasa menekankan kepada pentingnya tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat penyaluran, melalui upaya strategis secara khusus dibidang pendidikan (pendidik dan dunia pendidikan), dan secara umum juga meliputi kesehatan, sosial (bencana alam/musibah) serta sarana penunjangnya dan berbagai bentuk kepedulian lainnya. Implementasi program CSR harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel dan berkesinambungan dengan partisipasi aktif dari karyawan dan juga melibatkan peran serta masyarakat dan instansi terkait. Hal ini sejalan dengan tujuan Perusahaan untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik serta dalam meningkatkan peran nyata Bank DKI ditengah masyarakat. Hal inilah yang menjadi harapan dari Dewan Komisaris dalam pelaksanaan program CSR Bank DKI kedepannya.

Program CSR Bank DKI disalurkan kepada beberapa bidang yang meliputi pendidikan, lingkungan, sosial kemasyarakatan, kesenian dan kebudayaan dan juga edukasi perbankan. Hal ini dilaksanakan sebagai perwujudan dari komitmen Bank DKI untuk turut berperan serta dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, meningkatkan pemberdayaan kepada masyarakat, dan dalam rangka menjaga keberlangsungan bagi Bank DKI.

 

 

CSR EXCELLENCE

Bank DKI berkomitmen untuk menjadikan filosofi dan tujuan CSR sebagai bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas perusahaan.

Sebagai bank yang telah melayani masyarakat sejak tahun 1961, Bank DKI berpartisipasi aktif dalam bentuk program tanggung jawab sosial Perusahaan. Semangat inilah yang mendasari pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) selama ini.

Dalam praktiknya, Bank DKI tidak hanya melakukan program pemberian bantuan (charity) hanya untuk sekedar memenuhi kewajiban atau karitatif semata. Namun lebih jauh, Bank DKI berkomitmen untuk menjadikan filosofi dan tujuan CSR sebagai bagian tak terpisahkan dari aktivitas Perusahaan, yang berpijak pada konsep pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Karenanya dalam setiap produk dan layanan Bank DKI kepada nasabah, tersirat komitmen Bank DKI untuk memberikan pelayanan yang mendorong pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. Komitmen ini juga tercermin dalam setiap program Corporate Social Responsibility yang telah dilaksanakan oleh Bank DKI.

Di Bank DKI, komitmen tersebut dinamai CSR Excellence.

 

 

DASAR PELAKSANAAN CSR BANK DKI

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun pada masyarakat pada umumnya.

Undang-Undang No. 25Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal

Setiap penanam modal berkewajiban:

a. melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan;

b. menghormati tradisi budaya masyarakat sekitar lokasi kegiatan usaha penanaman modal;

c. Penjelasan pasal 15 Huruf b

Yang dimaksud dengan "tanggung jawab sosial perusahaan" adalah tanggung jawab yang melekat pada setiap perusahaan penanaman modal untuk tetap menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat.

 

 

FAKTOR PENDORONG CSR BANK DKI

Hubungan Bank DKI dengan Masyarakat

Menyadari bahwa setiap perusahaan selalu berkaitan kepada masyarakat, karenanya kegiatan CSR didorong untuk maintenance hubungan baik antara Bank DKI dengan masyarakat sekitar.

Dampak dari Kegiatan Operasional Bank DKI kepada Masyarakat dan Lingkungan

Kegiatan operasional perusahaan yang berdampak pada masyarakat, khususnya lingkungan, seringkali mendapatkan perhatian dari masyarakat.

Peluang Memperoleh Keunggulan Kompetitif

Perusahaan yang menjalankan aktivitas CSR nya lebih berkemungkinan bertahan ditengah kompetitifnya iklim dunia usaha. Perusahaan juga dapat memperoleh keunggulan kompetitif berupa peningkatan corporate awareness, corporate image yang positif yang dapat dijadikan sebagai intangible asset untuk kepentingan bisnis yang berkelanjutan.

 

 

SUMBER PENDANAAN PROGRAM CSR BANK DKI

Aktivitas program CSR Bank DKI memiliki beberapa sumber pendanaan, yang terdiri dari sebagai berikut:

 

Pendanaan program yang telah dianggarkan

Program CSR setiap tahunnya telah dianggarkan dan diprogramkan untuk diimplementasikan pada tahun buku yang berjalan. Mekanisme penetapan anggaran program CSR ditetapkan dalam Rapat Kerja, Anggaran dan Strategis. Tahun 2011, Bank DKI telah menganggarkan Rp1,2 miliar untuk pelaksanaan CSR Tahun 2011.

Bantuan dari Unit Pengelolaan Zakat Bank DKI

Unit Pengelolaan Zakat Bank DKI sebagai pengelola dari zakat karyawan juga dapat menyalurkan dana kepada Bank DKI untuk pendanaan program CSR khususnya pada bantuan bencana alam.

Rekening Bank DKI Peduli

Dalam rangka melibatkan partisipasi nasabah Bank DKI, dan juga masyarakat pada umumnya, Bank DKI menyediakan rekening Bank DKI Peduli dengan No. Rek 101-20-1234505 (Bank DKI Cabang Utama Juanda).

Call Center