Dana Bantuan Sosial (Bansos) KLJ, KPDJ dan KAJ Cair Bertahap, Yuk Simak Mekanismenya

Melansir laman instagram @dinsosdkijakarta, pencairan dana Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) dilakukan secara bertahap mulai hari Selasa, 16 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya pada Selasa, 16 Agustus 2022 menyampaikan, “dana yang cair bagi penerima Kartu Lansia Jakarta (KLJ) adalah sebesar Rp2.400.000,- kepada 59.759 penerima baru, kemudian bagi penerima Kartu Anak Jakarta (KAJ) bervariatif sesuai dengan rentang usia penerima mulai dari Rp300.000,- sampai dengan Rp1.200.000,- kepada 7.118 penerima baru dan penerima Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) sebesar Rp1.200.000,- kepada 7.461 penerima baru. Adapun dana yang ditransfer merupakan rapelan dari bulan Mei sampai dengan Agustus 2022. Sementara itu, bagi penerima lama akan berlanjut di salurkan mulai hari Kamis dan Jumat, 18-19 Agustus 2022 ini”.

Sebagaimana diketahui, Kartu Lansia Jakarta (KLJ) adalah program pemenuhan kebutuhan dasar bagi lansia berusia 60 tahun keatas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya, Kartu Anak Jakarta adalah program pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak seperti pemenuhan kebutuhan nutrisi susu anak, makanan bergizi, dan keperluan penunjang lainnya yang mendukung perkembangan anak usia 0 sampai 6 tahun. Terakhir, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) merupakan salah satu program bantuan yang bertujuan untuk mencegah kerentanan sosial bagi para penyandang disabilitas di DKI Jakarta, serta memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Masing-masing dari penerima bantuan tersebut akan mendapatkan dana bantuan per bulan sebesar Rp600.000,- untuk Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Rp300.000 untuk Kartu Anak Jakarta (KAJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ). KLJ, KAJ dan KPDJ sendiri berbentuk kartu ATM yang diterbitkan oleh Bank DKI yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan transaksi oleh pemegang kartu. juga memiliki manfaat lain berupa gratis naik Transjakarta, kemudahan membeli pangan bersubsidi, hingga terdaftar secara otomatis sebagai anggota JakGrosir.

Lebih lanjut, Herry menghimbau kepada nasabah penerima KLJ, KAJ, dan KPDJ tersebut agar senantiasa berhati-hati dan waspada, serta tidak memberikan PIN kepada orang lain yang tidak berkepentingan. Ia juga mengingatkan kepada nasabah penerima KLJ, KAJ, KPDJ dan bantuan  sosial lainnya untuk waspada dan berhati-hati terhadap informasi tidak resmi yang mengatasnamakan Bank DKI, ”untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi call center Bank DKI di nomor telp 1500-351 atau mengunjungi website resmi Bank DKI di www.bankdki.co.id”, tambah Herry.

Agar lebih mudah dalam melakukan monitoring transaksi, Herry juga mengajak kepada penerima KLJ, KAJ dan KPDJ untuk dapat mendownload aplikasi JakOne Mobile. “melalui JakOne Mobile, pemegang kartu bantuan sosial dapat melakukan monitoring transaksi dana bantuan sosial yang masuk dan keluar hingga melakukan berbagai transaksi perbankan secara non tunai melalui fitur Scan to Pay”, tutup Herry

 


Mudahkan Pasien RSUD Pasar Minggu, Bayar Tagihan Rumah Sakit Kini Non Tunai

Guna memudahkan pasien dalam pembayaran tagihan rumah sakit, Bank DKI lakukan digitalisasi melalui akseptansi pembayaran non tunai melalui JakOne Mobile dan layanan e-channel Bank DKI di RSUD Pasar Minggu pada Kamis, 11 Agustus 2022. Hadir dalam acara tersebut, Plt. Direktur RSUD Pasar Minggu, Weningtyas Purnomorini, Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono serta Kepala Bidang Perencanan Pengendalian dan Informasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Nuniek Ria Sundari.

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono menyampaikan, “implementasi sistem pembayaran digital di RSUD khususnya di RSUD Pasar Minggu memang menjadi concern kami dalam memudahkan para pasien dalam bertransaksi, tentunya dengan berbagai layanan e-channel Bank DKI seperti JakOne Mobile, JakOne Pay, EDC hingga ATM yang kami sediakan. Selain itu, Bank DKI juga melakukan implementasi digitalisasi transaksi pembayaran dengan Quick Response Indonesian Standard atau QRIS. Sebelumnya, Bank DKI juga telah melakukan digitalisasi pembayaran tagihan Rumah Sakit pada RSUD Koja, RSUD Cengkareng, RSUD Pasar Minggu dan RSU Adhyaksa.”

Melalui aplikasi JakOne Mobile, Bank DKI menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah penggunanya untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal mulai dari bayar bermacam tagihan hingga pembayaran pajak dan belanja online, transaksi Scan by QRIS, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito dimana saja dan kapan saja.

Saat ini, Bank DKI juga telah menghadirkan New JakOne Mobile dengan tampilan UI/UX yang lebih menarik dan user friendly dalam memenuhi ekspektasi nasabah khususnya generasi milenial. Selain itu, New JakOne Mobile juga dapat digunakan oleh nasabah baru untuk membuka rekening tabungan secara online melalui smartphonenya tanpa harus ke kantor cabang Bank  DKI. Untuk informasi lebih lanjut terkait JakOne Mobile, nasabah dapat mengunjungi laman website di https://jakone.mobi/jakone-blog/new-jakone

Sebagaimana diketahui, sampai dengan periode Juli 2022, transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 29,42% (yoy) menjadi 477.262 dibanding periode Juli 2021 sebesar 368.746. Selain transaksi QRIS, sampai dengan Juli 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna, dengan jumlah nominal transaksi mencapai lebih dari Rp11 triliun, serta volume transaksi mencapai 12 juta transaksi.

 

Bank DKI telah menyediakan layanan virtual account melalui Cash Management System yang dapat dipergunakan untuk melakukan monitoring dan transaksi keuangan secara realtime dan online serta terkoneksi dengan sistem informasi manajemen rumah sakit. Dengan Cash Management System Bank DKI, akan memudahkan RSUD untuk mendapatkan informasi posisi dana dari waktu ke waktu dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi melalui sistem perbankan setiap saat secara online sehingga pengelolaan arus dana dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Terakhir, Amirul berharap agar produk & layanan digital Bank DKI yang diterapkan pada seluruh ekosistem bisnis di DKI Jakarta termasuk RSUD, dapat memenuhi ekpektasi masyarakat yang kini menginginkan transaksi layanan perbankan yang cepat, aman dan efisien.

 


Berikan Kemudahan Transaksi Bagi Sektor UMKM, Bank DKI Terapkan Digitalisasi Pasar Kebayoran Lama

Akselerasi transformasi layanan digital terus dilakukan oleh Bank DKI, salah satunya dalam memberikan kemudahan bagi sektor UMKM. Untuk itu, pada Kamis, 11 Agustus 2022, Bank DKI bersama Bank Indonesia melakukan kegiatan monitoring on site penerapan akseptansi pembayaran digital SIAP QRIS  (Sehat Inovatif dan Aman Pakai-Quick Response Code Indonesian Standard) melalui JakOne Mobile di pasar Kebayoran Lama. Sebelumnya,Bank DKI Bersama Bank Indonesia juga telah melakukan program digitalisasi di pasar Perumnas Klender, Pasar Kedoya, Pasar Koja dan Pasar Santa. Hadir dalam acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Selatan, Mukhlisin, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Onny Widjanarko, Direktur Ritel & Syariah, Babay Parid Wazdi, Kepala UPT Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Waluyo Hadi dan Manager Area 9 Pasar Kebayoran Lama, Dicky Fajar Siddik.

 

Direktur Ritel & Syariah, Babay Parid Wazdi dalam keterangannya menyatakan, “kontribusi UMKM dalam penyerapan tenaga kerja dan pembangunan ekonomi sangat besar. Oleh karena itu, sebagai BUMD DKI Jakarta yang fokus dalam pengembangan sektor UMKM, Bank DKI turut mendukung dengan menyediakan JakOne Mobile sebagai super apps dengan berbagai fitur layanan digitalnya yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian khususnya bagi para pedagang dan pengunjung pasar Kebayoran Lama.”

 

Melalui aplikasi JakOne Mobile, Bank DKI menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah penggunanya untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal mulai dari bayar bermacam tagihan hingga pembayaran pajak dan belanja online, transaksi Scan by QRIS, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito dimana saja dan kapan saja.

 

Saat ini, Bank DKI juga telah menghadirkan New JakOne Mobile dengan tampilan UI/UX yang lebih menarik dan user friendly dalam memenuhi ekspektasi nasabah khususnya generasi milenial. Selain itu, New JakOne Mobile juga dapat digunakan oleh nasabah baru untuk membuka rekening tabungan secara online melalui smartphonenya tanpa harus ke kantor cabang Bank  DKI. Untuk informasi lebih lanjut terkait JakOne Mobile, nasabah dapat mengunjungi laman website di https://jakone.mobi/jakone-blog/new-jakone

 

Sebagaimana diketahui, sampai dengan periode Juli 2022, transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 29,42% (yoy) menjadi 477.262 dibanding periode Juli 2021 sebesar 368.746. Selain transaksi QRIS, sampai dengan Juli 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna, dengan jumlah nominal transaksi mencapai lebih dari Rp11 triliun, serta volume transaksi mencapai 12 juta transaksi.

 

Selain JakOne Mobile, Bank DKI juga turut mengajak pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan menjadi agen melalui aplikasi JakOne Abank. JakOne Abank merupakan layanan perbankan tanpa kantor dimana Bank DKI hadir melalui Agen dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS) untuk pembayaran pajak dan retribusi, pembayaran tagihan. Dengan menjadi agen JakOne Abank, para pelaku UMKM dapat melayani berbagai transaksi perbankan serta mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

 

Bank DKI juga melakukan pengembangan aplikasi Digital Lending sebagai solusi dalam menghadirkan akses permodalan bagi para pelaku usaha yang tentunya baik bagi akselerasi pertumbuhan ekonomi khususnya di DKI Jakarta. Sebagai Bank yang memberikan perhatian penuh dalam pengembangan UMKM, Bank DKI juga turut berpartisipasi pada program Kredit Usaha Rakyat. Tahun 2022, Bank DKI menargetkan dapat menyalurkan KUR sebesar Rp1 triliun kepada pelaku UMKM di wilayah operasional Bank DKI baik debitur eksisting, anggota JakPreneur, dan Pedagang Perumda Pasar Jaya.

JakOne Mobile & JakOne Pay Ramaikan Grand Launching Jakarta International Stadium

Jakarta - Peresmian atau grand launching Jakarta International Stadium (JIS) menjanjikan suguhan menarik bagi masyarakat. Dewa 19 featuring Virzha, Setia Band, dan Kotak pun telah dipastikan hadir untuk mengisi acara yang dilaksanakan pada Minggu, 24 Juli 2022 ini.

Sebagai salah satu BUMD Jakarta, Bank DKI juga turut mensukseskan acara Grand Launching Jakarta International Stadium dengan mengajak para pengunjung untuk merasakan sendiri pengalaman bertransaksi secara non tunai melalui scan QRIS pada aplikasi JakOne Mobile dan JakOne Pay di booth UMKM yang tersedia di area JIS. Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya pada Minggu, 24 Juli 2022 menyampaikan, “kita tahu bahwa di era digital saat ini, interaksi nasabah dan Bank DKI akan lebih banyak dihabiskan pada layanan digital seperti JakOne Mobile. Menyadari hal tersebut, kami ingin memenuhi ekspektasi nasabah dengan menghadirkan new JakOne Mobile dengan tampilan UI/UX yang lebih menarik dan user friendly”.

Melalui JakOne Mobile dan JakOne Pay, kini Bank DKI semakin adaptif memenuhi kebutuhan nasabah yang menuntut kemudahan layanan melalui transformasi layanan digital dengan menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah pengguna untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal mulai dari bayar bermacam tagihan dan belanja online, transaksi Scan by QRIS, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito dan pembukaan rekening tabungan secara online dimana saja dan kapan saja.

Sebagaimana diketahui, transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI hingga Juni 2022 tumbuh 742 persen (yoy) menjadi Rp22,4 miliar dibandingkan Juni 2021 yang mencapai Rp2,6 miliar. Selain transaksi QRIS, sampai dengan Juni 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna, dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi.

JIS merupakan stadion olahraga berkapasitas 82 ribu penonton yang terletak di Sunter, Jakarta Utara. Dilansir dari laman Jakpro, stadion JIS dibangun dengan konsep ramah lingkungan dan sustainability pertama di Indonesia. Konsep kawasan JIS nantinya dikelola menjadi kawasan olahraga terpadu. Sehingga, kawasan JIS akan terintegrasi dengan MRT, LRT, TransJakarta, dan Commuter Line.

Menurut pengumuman pihak pengelola JIS, Kamis (21/7), perhelatan acara ini menggunakan konsep 2P, yakni pertunjukan dan pertandingan. Di samping konser musik yang bakal tayang di CNN.com, CNBC.com, serta Detik.com mulai pukul 16.30 WIB, penyelenggara juga menghadirkan pertandingan persahabatan Persija Jakarta dan Klub Liga 1 Thailand pada pukul 18.45 WIB.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tiket Grand Launching JIS pada Minggu 24 Juli 2022:

  • Pembelian tiket hanya melalui Aplikasi JakLingko
  • Pembelian tiket maksimal 1 tiket per akun
  • Setelah pembelian tiket, QR Tiket akan dapat diakses pada tanggal 24 Juli 2022
  • Scan QR Tiket dilakukan di Pintu Barat JIS pada 24 Juli 2022
  • Scan QR Tiket hanya melalui aplikasi JakLingko
  • Scan QR Tiket melalui screenshot atau media cetak lainnya tidak berlaku
  • Pintu masuk dibuka pada pukul 11.00 WIB dan ditutup pada pukul 18.00 WIB
  • Pengunjung yang hadir wajib vaksin booster. Info terkait vaksin booster dapat dilihat di Instagram @dinkesdki @dkijakarta
  • Penonton disarankan untuk menggunakan transportasi umum. Parkir tidak tersedia di lokasi.

Acara ini juga akan disiarkan di CNN Indonesia TV dan live streaming di cnnindonesia.com serta akun YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Bagi masyarakat yang tidak kebagian tiket untuk menonton atau berhalangan hadir, bisa menyaksikannya secara live di mana saja.